Dekan FKH Undana Lantik delapan Dokter Hewan Periode IX

Dekan FKH Undana Lantik delapan Dokter Hewan Baru

Dekan Fakultas Kedoteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si resmi melantik 8 (delapan) dokter hewan pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Hewan Periode IX. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dokter hewan baru dilakukan di Aula Rektorat Undana, Selasa (12/10/2021).

Hadir, Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, Guru Besar FKH, Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M. App. Sc., Ph. D, Sekretaris Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang NTT, drh. Aji Minarso, M. Si, serta para anggota senat FKH dan orangtua dokter hewan baru. (rfl)

Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si, Ph.D dalam sambutannya atas nama seluruh civitas akademika Undana, mengucapkan selamat kepada delapan dokter hewan yang baru dilantik. Ia menyatakan, keberhasilan yang diraih para dokter baru, tidak terlepas dari perjuangan dan dukungan doa dari orangtua. “Percayalah, dalam setiap doa orangtua pasti ada nama anak-anak yang disebutkan,” ujarnya. (rfl)

Rektor Undana, Prof. Fred Benu ketika mengalungkan gordon kepada salah satu dokter hewan yang baru saja disumpah dan dilantik. Tampak Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. drh. Maxs U. E. Sanam (kanan) tengah siap memberikan plakat kepada dokter hewan tersebut. (rfl)

Rektor juga menyatakan, dengan adanya Organisasi Tata Kerja (OTK) baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), maka peristiwa pengambilan sumpah dan pelantikan dokter hewan pada FKH Undana menjadi yang terakhir kali. Pasalnya, berdasrkan OTK tersebut, FKH akan digabungkan dengan Fakultas Kedokteran (FK) “Ini merupakan pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan yang terakhir dari Fakultas Kedokteran Hewan Undana. Berdasarkan OTK baru Kemendikbudristek, maka FKH digabungkan dengan FK,” ungkapnya sembari menambahkan, FKH dan FK akan disingkat menjadi FKKH (Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan). (rfl)

Rektor pada kesempatan itu juga memuji 8 (delapan) orang yang telah berjuang meraih gelar profesi dokter hewan. Ia menyebut, beberapa tahun belakangan ini, perempuan selalu mendominasi kelulusan para dokter hewan. Dikatakan, dalam perjuangan apapun, perempuan kerap kali memiliki daya juang atau determinasi yang tinggi, jika terdapat keseriusan dan komitmen kuat dalam diri. Hal itu terbukti dengan hadirnya 7 (tujuh) perempuan dari 8 (delapan) dokter hewan yang diambil sumpah dan dilantik saat itu. (rfl)

Dekan FKH Undana, drh. Annyta dalam sambutannya berpesan, agar para dokter bisa bertanggungjawab dengan profesi dan sumpah dokter hewan. Ia juga mengajak dokter baru agar tetap berpegang teguh pada kode etik kedokteran hewan. Lebih lanjut, drh. Annyta juga meminta kepada para dokter yang baru saja dilantik untuk tidak takut mengabdi di luar wilayah NTT untuk mencari pengalaman dan pengetahuan baru. Mengakhiri sambutanya, drh. Annyta mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada kedelapan dokter hewan yang disumpah dan dilantik. Pihaknya juga berterima kasih kepada orangtua yang telah memberikan kepercayaan kepada FKH untuk mendidik para dokter hewan. (rfl)

Sekretaris Perhimpunan PDHI Cabang NTT, drh. Aji Minarso, M. Si dalam sambutannya mengapresiasi dokter hewan baru yang diambil sumpah dan dilantik. Menurutnya, pengambilan sumpah dan pelantikan itu menunjukkan FKH Undana sebagai FKH baru di Indonesia, tetapi mampu bersaing pada tingkat nasional. Karena itu, drh. Aji menyebut, delapan dokter hewan baru sebagai dokter yang kompeten dan siap bersaing pada aras nasional. “Para dokter hewan baru adalah dokter hewan yang kompeten, karena telah menyelesaikan semua uji kompetensi, sehingga siap bersaing dengan dokter hewan dari seluruh Indonesia,” tandasnya. (rfl)

“Selain itu, peluang kerja untuk dokter hewan di Indonesia masih sangat besar dan masih dibutuhkan,” sambungnya. Ia menambahkan, saat ini Indonesia masih kekurangan dokter hewan sekitar 50 ribu orang. Karena itu, ia mengingatkan para dokter hewan baru agar tidak khwatir dengan lapangan kerja nantinya. “Kalau nanti setelah ini, jika belum ada lapangan kerja, silahkan kontak ke PDHI NTT agar diberi jalan keluar,” ujarnya. Meski demikian, pihaknya meminta para orangtua agar mengizinkan para dokter baru untuk bekerja di luar NTT. (rfl)

drh. Jeanet F.T.L.Pora, SKH mewakili para dokter baru yang dilantik dalam kesan pesannya mengucapkan, terimaksih kepada Rektor dan jajaran pimpinan Undana, Dekan FKH serta dosen dan segenap civitas akademika Undana yang telah membantu dan memfasilitasi dirinya dan teman-temannya selama proses belajar pada FKH Undana. “Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah dengan caranya membantu selama proses koasistensi yang telah kami lakukan,” pungkas drh. Jeanet, (rfl)

Delapan orang dokter hewan yang telah disumpah dan dilantik periode IX, adalah:

Delapan orang dokter hewan yang telah disumpah dan dilantik periode IX, adalah:

  1. drh. Angela Novita Daki, SKH
  2. drh. Dalmasia Trisna Dhiu, SKH
  3. drh. Jeanet Frederika Tamar Lali Pora, SKH
  4. drh. Lucia Dewinta Amleni, SKH
  5. drh. Maria Gratsia Mely Jo, SKH
  6. drh. Sharoniva Jaguastin Koanak, SKH
  7. drh. Yohanes Raldi Naja, SKH
  8. drh. Yusinta Veronika Nawa, SKH

Sumber : (Mahasiswa Magang Jikom FISIP/rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *