Selamat Datang!

Dekan FKH 2013- ..

Salam sejahtera!


Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (FKH Undana).


Pendidikan Kedokteran Hewan terdiri atas dua program yang sesungguhnya merupakan satu kesatuan yaitu Program Studi Kedokteran Hewan (S1) dengan lama pendidikan 8 semester dengan menempuh 152 SKS dan Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) selama 12 – 15 bulan menempuh 36 SKS. Fakultas Kedokteran Hewan Undana menempatkan prioritas pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) kedokteran hewan untuk memecahkan dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah kesehatan hewan, zoonosis, dan peternakan dalam corak alam semiringkai atau lahan kering.   Dalam tujuan mencetak SDM unggul dalam bidang kedokteran hewan, FKH tidak saja fokus pada kompetensi ilmu dan keterampilan tetapi juga pada pembentukan dan pengembangan karakter unggul lulusannya. Lulusan dokter hewan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan praktik kedokteran hewan mutakhir serta berkarakter unggul diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya secara efektif dan bermartabat yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.


Meskipun memiliki fokus pada atmosfir lokal yang bercorak lahan kering, FKH juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosennya untuk mendapatkan pengalaman praktik klinik pada lingkungan budidaya yang berbeda. Mahasiswa dan dosen FKH mendapatkan kesempatan untuk  menimba ilmu dan pengalaman penanganan penyakit hewan dan problem kesehatan hewan pada lingkungan tropis basah di Jawa dan Bali melalui program magang, workshop, ataupun pelatihan yang berkerjasama dengan fakultas-fakultas kedokteran hewan yang sudah duluan eksis seperti: FKH IPB, FKH UGM, FKH Unair, dan FKH Udayana. Kerjasama ini juga diperluas dengan Klinik atau Rumah Sakit Hewan Swasta di Jakarta untuk memberikan kesempatan para calon dokter hewan (Koasisten) menimba pengalaman praktik klinik mandiri.


Dalam menjalankan misi tri dharma-nya untuk mewujudkan visi fakultas, FKH Undana menerapkan 9 tata nilai atau budaya kerja yang disingkat sebagai VETERINER  dan dirinci sebagai Visi, Excellency, Transparansi, Efektifi dan efisien, Rasional, Inovatif, Norma, hukum dan Etika, dan Rasa. Dalam spirit tata nilai ini dan dengan dukungan sumber daya dosen muda yang kompeten dan profesional, serta sarana-prasarana laboratorium yang memadai, FKH Undana akan terus maju memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan dunia veteriner baik skala nasional maupun internasional. Semoga.

Kupang, Februari 2018

Dekan FKH Undana,

Dr. Drh. Maxs U.E. Sanam, M.Sc.
NIP. 19650308 199003 1 013

 

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter